Tugas Koperasi Sukses

KOPERASI DAARUT TAUHID

Latar Belakang

Berdirinya Koperasi Pondok Pesantren Daarut Tauhiid -disingkat KOPONTREN DT – tidak terlepas dari visi pendiri, pengurus, dan seluruh civitas Pondok Pesantren Daarut Tauhiid untuk menjadi Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar dan memberikan yang terbaik yang berarti di dunia dan bermakna di akhirat kelak. Dalam kerangka semangat untuk mengembalikan kejayaan dan kemuliaan Islam melalui program pengembangan, pembangunan, dan pemberdayaan potensi ekonomi ummat sebagai pilar amal ibadah, memfungsikan diri sebagai khalifah, sekaligus menjadi misi dakwah yang progresif, prestatif, dan komprehensif, Koperasi Pondok Pesantren Daarut Tauhiid didirikan pada tanggal 4 April 1994.

Visi dan Misi

Visi dan misi Kopontren Daarut  Tauhiid adalah memaksimalkan dan mengoptimalkan segenap potensi kekuatan ekonomi ummat yang ada untuk menjawab tantangan dunia Islam secara Komprehensif.

Dalam menjalankan misinya, strategi awal yang ditempuh adalah membangun dan menghidupkan lembaga ekonomi berbentuk Koperasi disingkat Koponten DT dengan sasaran menciptakan basis ekonomi profesional yang kuat, mandiri, tangguh dan berpihak pada kekuatan sumber daya mukmin yang prestatif, berwawasan komprehensif, serta mempunyai Visi yang tajam ke masa depan.

Untuk mewujudkan harapan di atas maka dituangkanlah dalam sebuah Visi dan Misi.

Visi Kopontren Daarut Tauhid

Menjadi koperasi teladan yang sehat menyehatkan, kuat menguatkan, dan sejahtera mensejahterakan sebanyak mungkin ummat (rahmatan lil ‘alamiin) serta mampu memberi manfaat di dunia dan bermakna di akhirat

Misi Koponten Daarut Tauhid

1.      Menyediakan pelayanan perbankan syariah

2.      segala kebutuhan untuk beribadah, kebutuhan  kantor, dan kebutuhan rumah tangga
3.      Menyediakan pelayanan jasa penginapan dan kebutuhan makan untuk civitas Daarut Tauhiid, pelatihan-pelatihan, dan jamaah
4.      Menyediakan kebutuhan-kebutuhan berbagai produk kerajinan Islami
5.      Menyediakan kebutuhan pendidikan dan pelatihan ekonomi syariah
6.      Menyediakan pelayanan jasa kebersihan dan pengamanan

Strategi

1.      Membangun Organisasi yang tangguh yang berperan aktif kepada lembaga lain dalam membangun pertumbuhan ekonomi ummat
2.      Membentuk Sumber Daya Manusia yang handal bermental wirausaha dengan berlandaskan Manajemen Qolbu
3.      Memberikan kontribusi yang terbaik kepada anggota, mitra, dan ummat
4.      Meningkatkan perkembangan usaha yang berkesinambungan dan saling menguntungkan
5.      Membangun sistem informasi yang cepat, akurat, dan terpercaya
6.      Membangun lembaga usaha yang menjadi miniatur ekonomi syariah
7.      Mengembangkan jaringan bisnis yang berlandaskan konsep syariah

Manajemen

Ketua Pengurus                                               : H. Ujang Karim

Sekertaris                                                        : H. Jakaria Goro

Bendahara                                                       : H. Tomy Satyagraha

Kadiv SMM                                                     : Wagi Sungkawa

Direktur Utama PT.GSP                                  : H.Muhammad Iskandar

Kepala Divisi Cottage & Café                        : Hermawan

Kepala Divisi BMT                                         : H. Ahmad Farouk

Kepala Divisi LP2ES                                      : H. Tomy Satyagraha

Kepala Administrasi Pusat                              : H. Tomy Satyagraha

Keanggotan

A. Anggota
1. Terdiri dari Kyai, Ustadz, Santri Karya lembaga di lingkungan DT
2. Jumlahnya kurang lebih 500 orang

B. Anggota Alumn

1. Alumni santri karya / karyawan / civitas Daarut Tauhiid

2. Jumlah kurang lebih 200 orang

C. Anggota Mitra Muamalah
1. Terbuka bagi masyarakat umum untuk mendapatkan layanan simpan pinjam
2. Jumlahnya kurang lebih 100 orang

D. Calon Anggota

Divisi Usaha LP2ES Daarut Tauhiid

COMPANY PROFILE

LP2ES – Learning Center merupakan lembaga yang digagas oleh Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Daarut Tauhiid pada bulan Oktober 2001 yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia. Pada awalnya bernama Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Ekonomi Syariah Daarut Tauhiid (LP2ES Daarut Tauhiid), namun seiring berjalannya waktu dan ruang lingkup garapan yang lebih luas maka sekarang lebih dikenal dengan nama LP2ES – Learning Center. Tageline yang diangkat yaitu “Awal Dari Kesuksesan Anda”, ini bermakna bahwa LP2ES menjadi pijakan awal menuju sukses yang ingin diraih oleh alumni, baik sukses dunia maupun sukses akhirat.

Lembaga ini berkonsentrasi dalam kegiatan pelatihan dan pendidikan kewirausahaan atau entrepreneurship serta leadership yang berbasis Manajemen Qolbu (MQ). Metode pembelajaran yang selalu digunakan dalam semua pelatihan yaitu GELAS, yang merupakan akromin dari Gembira, Emosional, Larut, Ajarkan, dan Semangat. Sedangkan prinsip pembelajaran menggunakan prinsip “Gelas Kosong”, yang mana selalu siap menerima ilmu dengan menempatkan diri selalu berada dalam kondisi tidak tahu.

Desain kurikulum program yang disiapkan merupakan formula sederhana yang mencakup pemenuhan kebutuhan spiritual, emosional, leadership dan financial dengan harapan mampu melahirkan individu-individu yang berjiwa leadership entrepreneur yang mampu membangun diri dan menjalankan bisnis yang berbasis manajemen qolbu dengan mengedepankan prinsip-prinsip syariah secara profesional.

Program-program yang dikembangkan adalah program yang berkaitan dengan tema utama kami, Entrepreneurship, Leadership dan Ekonomi Syariah. Khusus untuk program entreprenenurship, dengan didukung oleh 6 divisi usaha milik Kopontren Daarut Tauhiid dan puluhan rekanan pelatihan yang dikembangkan dan dikelola secara profesional, para peserta pelatihan dapat mengamati secara langsung bahkan terjun langsung dalam praktek lapangan agar materi yang disampaikan selama pelatihan dapat diaplikasikan dan lebih dipahami. Kami menyebutnya sebagai experiential learning system dengan materi yang applicable dan jenis usaha yang dapat diadopsi di lingkungan masing-masing. Leadership adalah satu program kami yang sangat banggakan. Tampilkan potensi memimpin Anda dengan bergabung dengan LP2ES – Learning Center. Kami berikan solusi untuk How To Lead with Learn To Lead. Bukan hanya belajar menjadi atasan, tetapi juga bisa menjadi pemimpin bagi diri sendiri yang lebih pentingnya. Ekonomi syariah adalah program yang akan membawa keberkahan dalam aktivitas anda. Prinsip ekonomi syariah lebih menjadi solusi dalam perkembangan dunia pada saat ini. Kami meyakini program ini adalah program masa depan yang mencerahkan.

Dengan dijalankan oleh sebanyak 15 orang karyawan yang terdiri dari direktur, manager R&D, manager operasional, manager marketing, staf program, staf marketing, staf desain animasi, dan staf administrasi serta dukungan website di http://www.lp2es.com, LP2ES mampu bersaing dalam penyelenggaraan pelatihan secara profesional di Indonesia dan global sekalipun.

Dengan pengalaman lebih dari satu windu, LP2ES sudah mempunyai beribu-ribu alumni yang tersebut di seluruh pelosok nusantara. Instansi pemerintah, industri-industri strategis, perbankan, dan perusahaan multinasional menjadi alumni pelatihan yang menjadi kebanggaan LP2ES. Semua lapisan usia sudah pernah LP2ES latih demi satu tujuan yang lebih besar, Menuju Indonesia yang Mandiri. Dengan berbekal pengalaman, keyakinan, kekuatan doa, serta motivasi yang kuat untuk terus memperbaiki diri, LP2ES percaya setiap orang memiliki potensi yang luar biasa oleh karena itu setiap alumni LP2ES harus mampu memahami dan mengenali potensi dirinya sehingga mampu dengan mudah untuk mengaktualisasikan dirinya di masyarakat sesuai dengan bakat dan minatnya. Tentu saja pelatihan yang diikuti merupakan awal untuk membuka gembok-gembok keraguan, ketakutan, dan kemalasan untuk masuk ke dalam kesuksesan dunia dan akhirat.

Bergabunglah menjadi bagian Awal dari Kesuksesan Anda, bersama LP2ES – Learning Center. For more information click www.lp2es.com

Divisi usaha:

–          SMM DAARUT TAUHID

–          BAITUL MAAL WA TAMWIL

–          COTTAGE AND CAFÉ

–          PT GSP ( GloBAL Service Provider )

–          LP2ES DAarut TAuhid

Berita dan kegiatan

–          MQ Club Community

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya.

Pada Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 27 (Revisi 1998), disebutkan bahwa karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain, yaitu anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

Umumnya koperasi dikendalikan secara bersama oleh seluruh anggotanya, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang diambil koperasi. Pembagian keuntungan koperasi (biasa disebut Sisa Hasil Usaha atau SHU) biasanya dihitung berdasarkan andil anggota tersebut dalam koperasi, misalnya dengan melakukan pembagian dividen berdasarkan besar pembelian atau penjualan yang dilakukan oleh si anggota.

Berdasarkan pengertian tersebut, ketentuan dan persyaratan menjadi anggota koperasi yaitu:

  1. Perorangan dan merupakan civitas Daarut Tauhid (Santri atau santri karya di lembaga MQ, Koperasi dan yayasan daarut tauhid)
  2. Mengisi Formulir pendaftaran di Divisi ADPUS
  3. membayar simpanan wajib sebesar Rp. 25.000,- dan simpanan pokok sebesar Rp.500.000,-

Jika persyaratan dan ketentuan tersebut telah dilakukan maka secara otomatis orang tersebur telah menjadi anggota Koperasi Pesantren (KOPONTREN) Daarut Tauhid.

–          Press release ATM-Q

PT Manajemen Qolbu Consumer Goods & Retail (MQCG) menyediakan ATM berbasis syariah di berbagai komunitas muslim”.

PT. Manajemen Qolbu Consumer Goods & Retail merupakan salah satu perusahaan dari Group perusahaan Manajemen Qolbu yang digagas pertama kali oleh KH Abdullah Gymnastiar sebagai pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid. Dari tahun ke tahun perusahaan yang pada awalnya bergerak di bidang consumer & retail dengan bisnis inti berupa produksi dan pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terus menerus mengembangkan jenis produk dan usahanya. Pada tahun 2007 perusahaan telah mengembangkan usaha pada sektor jasa Keuangan antara lain Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) dan Pelayanan Transaksi Keuangan, serta jasa manajemen & pelatihan, dan menjadi sebuah grup perusahaan dengan nama MQ CONSUMER GROUP. Pada medio Februari 2009, melalui Divisi Jasa Keuangan, MQ Consumer Group bekerjasama dengan PT ALTO NETWORK, sebagai perusahaan pengelola jaringan ATM di Indonesia meluncurkan produk Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang diberi nama ATM-Q. ATM-Q adalah jaringan ATM yang dirancang untuk memasyarakatkan penerapan Ekonomi Syariah seiring dengan semakin tingginya minat masyarakat terhadap praktek bisnis dan pemanfaatan jasa keuangan berbasis Syariah. Secara bertahap ATM-Q akan ditempatkan di pesantren-pesantren, sekolah – sekolah dan lembaga-lembaga pelayanan masyarakat Islam lainnya di seluruh Indonesia. Rencana ini akan terus berkembang dan ditingkatkan untuk mendekatkan ATM-Q kepada ruang – ruang publik dimana masyarakat Muslim melakukan aktivitasnya. ATM-Q memiliki keunggulan antara lain:

  • Mekanisme kerjasama usaha berdasarkan kepada bagi hasil ( profit sharing);
  • Tersedia menu untuk transaksi pembayaran Zakat,Infaq,Shodaqoh,Wakaf (ZISWA);
  • Keuntungan usaha dari pengelolaan ATM, akan disisihkan untuk pengembangan dan pemberdayaan umat;
  • Dapat dimiliki oleh perorangan maupun lembaga yang memiliki perhatian bagi penguatan ekonomi ummat yang berbasis kepada komunitas;
  • Dilengkapi dengan fitur-fitur khas yang dapat menjaga ukhuwuah Islamiyah dengan tausiyah serta petikan Hadits / Al qur’an pada Slip Transaksi.

Saat ini, ATM-Q dapat digunakan oleh pemegang Kartu Shar E, BNI dan seluruh pemegang Kartu ATM berlogo ALTO. Dalam rangka peluncuran produk ATM-Q tersebut, maka Insya Allah akan diselenggarakan Acara Launching pada :
Hari/Tanggal         :  Kamis, 19 Februari 2009
Waktu                   :  Jam 09.00 – 12.00 WIB
Tempat                  :  Gedung “DAARUL HAJJ” Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Jl. Gegerkalong  Girang

Acara Launching antara lain akan diisi dengan paparan tantang “Peran Pesantren dan Lembaga Islam Dalam Penerapan Ekonomi Syariah”, hiburan Nasyid dan diakhiri dengan Tausiyah dan Doa oleh KH Abdullah Gymnastiar. Sejumlah praktisi dan pimpinan lembaga keuangan yang berbasis Syariah telah menyatakan konfirmasi kehadirannya dalam kegiatan ini. Informasi lebih lanjut terkait dengan layanan, kerjasama dan mengenai ATM-Q, dapat menghubungi:

Manajemen Qolbu Consumer Goods and Retails (MQCG)
Jl. Gegerkalong Girang No. 14
Bandung 40154
Telp. / Faximili : 022- 20101070

  1. Bapak Chaizarno
    Email: Chaizarno@yahoo.com
    HP : 0816618666
  2. Bapak A. Feri Susanto
    Email: aferi@mq.co.id
    HP : 08122338987

NB: Sumber Humas DT Bandung

–          Kopontren salurkan Beasiswa Pendidikan

Kopontren Daarut Tauhid selama perjalanannya mengalami fluktuasi. Belajar dari setiap hal kopontren di taun 2009 Kopontren mampu berkembang lebih baik lagi. Kopontren menyelenggarakan Pemberian beasiswa sebagai tanda syukur atas apresiasi anggota kopontren selama ini. Kopontren DT memberikan beasiswa pendidikan yang bersumber dari Zakat koperasi, bagi Putra/Putri Anggota Kopontren DT yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas atau berprestasi dengan beberapa persyaratan sebagai berikut:

1. Mengisi Form pengajuan di ADPUS (Administrasi Pusat)

2. Menyertakan Slip gaji dan melampirkan rekomendasi dari Lembaganya.

Beasiswa diberikan kepada:

  • SD       : 10 Orang Sisiwa
  • SMP    : 10 Orang Siswa

Beasiswa Diberikan Kepada:

  • SD        : 50.000/org setiap bulan
  • SMP     : 75.000/org setiap bulan

lamanya beasiswa adalah : 6 Bulan

Sumber Dana                       : Zakat Koperasi

 

Tentang liea02

charming
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s